25 Oktober 2020
3 Tahun Terakhir, Kunjungan Wisatawan di Makassar Meningkat

3 Tahun Terakhir, Kunjungan Wisatawan di Makassar Meningkat

Kunjungan wisatawan di Kota Makassar dalam tiga tahun terakhir, mengalami peningkatan.

Hal tersebut berdasarkan data Dinas Pariwisata Makassar, jumlah wisatawan nusantara selama tiga tahun terakhir mencapai 15.337.897 orang, sedangkan jumlah wisatawan mancanegara yakni 284.778 orang.

Rinciannya, sepanjang 2016, jumlah wisatawan nusantara sebanyak 4.688.681 orang. Angka ini meningkat di tahun 2017, jumlahnya 5.187.539 orang. Tahun 2018, jumlah wisatawan nusantara kembali mengalami meningkatan yakni mencapai 5.461.677 orang.

Sedangkan, untuk wisatawan mancanegara di tahun 2016 jumlahnya 85.644 orang, dan meningkat di tahun 2017 sebanyak 93.687 orang, dan kembali meningkat di tahun 2018 mencapai 105.447 orang.

“Selama tiga tahun terakhir ini jumlah kunjungan wisatawan kita baik Nusantara maupun mancanegara terus mengalami peningkatan,” kata Kepala Bidang Destinasi Industri Pariwisata, Andi Karunrung, kemarin.

Meski menunjukkan tren yang positif, namun pihaknya khawatir isu nasional yang membuat sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kota Makassar menggelar aksi demonstrasi justru berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan ke Makassar.

Apalagi, katanya, aksi yang berlangsung secara anarkis seperti yang terjadi beberapa hari terakhir dapat memberikan rasa was-was bagi wisatawan berada di Kota Makassar. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada para demonstran untuk tidak bertindak secara anarkis dan tetap meyuarakan aspirasi lewat koridor yang benar.
“Demo itu boleh saja, tapi kalau anarkis dampaknya besar terhadap industri pariwisata, restoran dan perhotelan akan mengalami penurunan karena masyarakat khawatir dan takut berkunjung ke Makassar karena demo itu tadi,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya belum bisa menyebutkan besaran potensi jumlah wisatawan yang menurun akibat aksi demo tersrbut. Jelasnya, jika terus terjadi demo dan berujung anarkis maka diprediksi jumlah pengunjung akan menurun drastis.

Di sisi lain, Dinas Pariwisata terus menggenjot pelaksanaan event-even di Kota Makassar. Harapannya, menarik minat wisatawan agar kunjungan ke Makassar semakin meningkat.

“Kita belum tahu berapa jumlahnya (dampak penurunan wisatawan). Karena, rekapnya itu akhir tahun, makanya kita berharap aksi demo itu tidak anarkis sehingga dampak ke sektor pariwisata tidak terlalu besar,” ujarnya. (SindoNews)

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .